Kamis, 25 Oktober 2012

P.E.M.U.D.A (Refleksi Hari Sumpah Pemuda)



Tulisan ini dimuat di Harian Seputar Indonesia edisi 29 Oktober 2012 :


“Ibarat Matahari,maka Pemuda bagaikan Matahari yang Bersinar tepat Pukul 12 Siang, dimana Matahari sedang dalam panas dan teriknya yang sangat...”
            Begitulah ungkapan dari seorang Ulama Islam,Dr.Yusuf Qardhawi,yang menggambarkan makna pemuda.Beliau mengatakan bahwa Pemuda yang kalau diibaratkan dengan matahari, maka”sinar”nya sama dengan sinar matahari pada pukul 12 siang,yang sangat panas dan terik.Makna sinar disini dapat kita definisikan secara sederhana dengan kata semangat.Semangat seseorang pemuda memang bak gelombang air laut yang tak pernah berhenti.
Sekilas Tentang Pemuda dan Sejarah Perjalanan Bangsa
            Berbicara tentang pemuda dan kaitannya dengan sejarah perjalanan bangsa Indonesia,ada 2 (dua) momentum penting dimana peran pemuda sangat mendominasi.Pertama adalah Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.Peristiwa Sumpah Pemuda ini menjadi tonggak awal bangkitnya gerakan pemuda untuk melawan penjajah.Dengan sumpah pemuda,semangat pemuda yang awalnya bersifat kedaerahan berubah menjadi semangat persatuan dan kesatuan.
            Peristiwa kedua adalah ketika runtuhnya rezim orde baru tahun 1998.Ketika itu, gelombang aksi massa besar-besaran yang dimotori kalangan mahasiswa (pemuda) mengepung Gedung DPR/MPR dan berakhir ketika Presiden Soeharto menyatakan berhenti dari jabatannya setelah berkuasa selama 32 tahun.Mahasiswa pun menyambut era reformasi dengan penuh harap akan pemerintahan yang lebih baik dan kondusif.Dua peristiwa penting tersebut telah menjadi bukti betapa semangat pemuda yang begitu menggebu-gebu telah membawa bangsa kepada sebuah perubahan.
Pemuda Indonesia Masa Kini
Indonesia adalah bangsa yang besar.Bangsa yang memiliki SDM dan SDA yang melimpah.Kebebasan berpendapat dan berekspresi juga telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam perjalanan bangsa di era reformasi ini. Namun,nyatanya,permasalahan krusial seperti korupsi,kemiskinan dan kriminalitas masih belum bisa “menghilangkan dirinya” dari headline-headline surat kabar di negeri kita.Pun juga dengan banyaknya utang negara dan mahalnya biaya pendidikan dan kesehatan.
Untuk mengatasi berbagai permasalahan bangsa tersebut,butuh pemikiran-pemikiran baru yang kreatif dan solutif.Oleh karenanya, kita berharap muncul pemuda yang tampil di depan sebagai bagian dari representasi golongan masyarakat yang memiliki idealisme.Karena,keberhasilan perjalanan bangsa sangat ditentukan oleh keberhasilan para pemudanya dalam  mempersiapkan diri  secara mental maupun intelektualitas.
Bagaimana mewujudkan hal itu?Paling tidak ada 6 (enam) prinsip yang harus dimiliki oleh  seorang pemuda, yaitu:
1.      Peduli. Artinya,jadilah pemuda yang peduli. Peduli terhadap lingkungan sekitar, baik itu lingkungan alam maupun lingkungan sosial.
2.      Empati.Artinya,jadilah pemuda yang memiliki sifat empati.Yang mampu memposisikan diri dalam keadaan   yang sama dengan orang-orang disekitarnya.
3.      Merakyat.Artinya,jadilah pemuda yang merakyat.Pastikan setiap gerak langkah dan tindakan yang kita lakukan sebagai seorang pemuda, adalah demi kepentingan dan kesejahteraan rakyat semata.
4.      Unik.Artinya,jadilah seorang pemuda yang unik.Karena dalam membangun bangsa yang unik ini,dibutuhkan juga pemuda yang unik,unik dalam berpikir dan berprilaku.
5.      Dipercaya.Artinya,jadilah seorang pemuda yang dapat dipercaya.Dipercaya untuk mengemban amanah membawa perubahan untuk bangsa.
6.      Aktif.Artinya,jadilah pemuda yang aktif. Aktif dalam berbagai kegiatan seperti dalam berbagai kegiatan sosial.
 “Bukankah seorang pemuda yang hebat adalah pemuda yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam  memperjuangkan kepentingan rakyat?
SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar