Selasa, 27 Desember 2011

Semester 1 pun berakhir !

       Gak terasa udah satu semester aja gue di FHUI. Waktu berjalan cepet banget.Rasanya baru minggu lalu gue PSAF dan PMH. Dan,kemaren hari terakhir UAS dan itu berarti mulai hari ini LIBUR. Perjalanan satu semester di FHUI sebenernya ngasi gue banyak pengalaman berharga sih. Mulai dari ikut kegiatan PSAF,PMH,STI, ikut kepanitiaan beberapa acara, dan tentu saja Kuliah. Ya intinya, lambat tapi pasti, gue udah berusaha beradaptasi dengan kehidupan kampus, dari sisi pengalaman akademis, organisasi/kepanitiaan maupun politisnya.
     
       Pengalaman Akademis dulu deh.Kuliah itu gak kerasa banget deh, apalagi di FHUI. Kalo Kelas Reguler, kuliah mulai jam 8 pagi dan pasti selesai sebelum jam 2 siang. Itu karena jam 2 siang ada anak paralel yang masuk kelas. Wah ga seperti SMA deh yang pelajarannya full 5 hari dan sampe jam 3 pula. Gue ngerasa bebas dalam nentuin agenda ataupun kegiatan lain. Jadi lebih mandiri lah istilahnya. Perkuliahan di FHUI juga menurut gue bagus. Dosennya cerdas, tapi kadang ada juga yang ngeselin, mungkin dosennya lagi "GAK MOOD" kali ya. Dan , UAS kemaren jadi titik puncak perjuangan akademis gue di semester satu ini. Ada tujuh mata kuliah yang gue ambil : Ilmu Negara, Pengantar Ilmu Hukum,Pengantar Hukum Indonesia,MPKT, MPK Inggris, MPKO Futsal, Antropologi Budaya. yaa over all, gue ngerasa gak salah memilih beberapa mata kuliah yang memang sesuai dengan minat gue.Semoga hasil UAS kemaren bisa ngebantu lah untuk dapet IP Maksimal , amin....
      
       Kalo pengalaman organisasi/kepanitiaan, di semester 1 ini gue ikut beberapa kepanitiaan. Awal banget gue diamanahin jadi PJ Acara Baksos Angkatan 2011, trus jadi Staff Acara Pagelaran Rakyat-Talkshow Kaum Marginal. Dan di semester 1 ini juga gue kepilih jadi Duta Kemahasiswaan PERMA BEM UI 2011. Jobdesk gue di Duta Kemahasiswaan 3 yang ngurusin masalah latihan dan advokasi atlet Olimpiade FHUI. Lanjut abis itu gue ikutan Sekolah Kepemimpinan Mahasiswa (SKEMA) yang diadain sama Dept.Polkum BEM FHUI 2011. Acaranya Live-in di Desa Ciareteun Ilir, Bogor selama 3 hari 2 malam. Kalo organisasi, gue daftar ikutan LKMO-nya LK2, dan lulus alhamdulillah. Lanjut abis itu, gue daftar di Serambi Muda, Indonesia Law Debate Society (ILDS), dan Recht Futsal Club (RFC). Gue juga rencana mau daftar KOPMA, jadi anggota Pasif. Jadi, kalo ditotal, gue ikut 2 BO (LK2-Kopma) dan 3 BSO (Serambi, RFC, ILDS). Cukup banyak sih, tapi Insya Allah, gue bakalan belajar manajemen waktu buat ngatur kegiatan.

      Nah, kalo pengalaman politis, ya begitulah. Ini kali pertama gue ngerasain adanya aroma politik kampus yang hebat dan kompleks. Akhir tahun ini, udah kepilih BEM dan BPM untuk masa jabatan 2012. Pengalaman di Bulan November-Desember ini ngajarin gue banyak banget. Susah buat dijelasin. Intinya, dalam politik itu kita butuh komitmen dan ketelitian. Ketelitian disini maksud gue adalah kita gak bisa menyimpulkan sesuatu itu dari luar aja, tapi harus di cek lagi secara mendalam, karena politik itu pasti ada kepentingan yang mengawalinya. Jadi ya harus lebih hati-hati dalam bertindak.

      Intinya, semester 1 ini gue melewati banyak pengalaman. Mungkin kalo dilihat itu biasa-biasa aja, tapi bagi gue ini udah cukup untuk adaptasi menuju kehidupan kampus yang jauh lebih berat lagi kedepannya.harapan gue sih, ya semoga nanti di semester 2 bisa lebih baik dalam mengatur jadwal kuliah dan organisasi/kepanitiaan. Dan tentu saja bisa terus berprestasi. Amin  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar