Minggu, 08 Juli 2012

Sosialisasi Pilkada DKI Anti Politik Uang


Hari ini Kastrat BEM FHUI dengan BEM UI dan beberapa BEM Fakultas mengadakan "Sosialisasi Pilkada DKI Anti Politik Uang" di RW 12 Kelurahan Manggarai Jakarta Selatan. Anak-anak bem FHUI yang berkesempatan ikut acara ini ada Bang Ali (Ketua BEM), Bang Alldo (Wa.Ka.BEM) , Mba Lita (Korbid Sospol) , Bang Rozi (Kadep.Kastrat) dan 3 orang Staf Kastrat : Gue, Gery dan Muthi. Total yang ikut acara ini jumlahnya 18 orang. Lumayan banyak lah .... Awalnya aktivitas ini dijarkomin kumpul di Stasiun UI jam 8 lalu kemudian berangkat bareng-bareng. Tapi karena satu dan lain hal, kami berangkat dari Stasiun UI tepat pukul 10 (telatnya parah, hehe).

Acara ini merupakan bentuk partisipasi Mahasiswa UI dalam melakukan Sosialisasi Pilkada DKI kepada masyarakat Jakarta. Apa yang kami sampaikan? Sederhana saja, dan bahkan tidak banyak yang kami ingin sampaikan, tapi kalau boleh saya ringkas,ada 3 poin penting yang menjadi tujuan kami, yaitu :
1. Mengingatkan kepada warga untuk menggunakan Hak Pilihnya dan datang ke TPS.
2. Mengingatkan kepada warga untuk datang di hari Rabu 11 Juli 2012, pukul 07.00-13.00 di TPS terdekat
3. dan Mengingatkan kepada warga agar jangan sampai terjadi politik uang dalam Pilkada  DKI.

Oke, perjalanan 30 menit kereta membawa kami sampai di Stasiun Manggarai. Setelah itu, kamipun beranjak langsung menuju ke Kantor RW 12 untuk briefing awal acara dengan Perwakilan RW. Jaraknya dengan St. Manggarai ya kurang lebih 1 km lah. Briefingpun dimulai. Menurut Pak RW, ada beberapa kendala yang dihadapi, satu diantaranya adalah adanya salah satu RT yang tidak mengizinkan mahasiswa melakukan sosialisasi, karena mengingat hari ini adalah "Hari Tenang" , yaitu hari dimana tidak boleh ada satupun acara yang ada hubungannya dengan Pilkada. Namun, pihak mahasiswa berdalih bahwa acara ini bukanlah bagian dari kampanya salah satu calon, tetapi bagian dari partisipasi mahasiswa untuk mensosialisasikan acara Pilkada DKI. Bahkan, bisa jadi acara ini membantu meringankan pihak kelurahan dalam pelaksanaan sosialisasi acara. Setelah lama bernegosiasi, maka akhirnya diputuskanlah untuk tetap melanjutkan acara, sesuai dengan izin Pihak RW juga.

Semangat dan Ceria ! 2 kata itu yang menggambarkan pasukan mahasiswa UI dalam sosialisasi ini. Karena di wilayah RW 12 ini ada 10 RT, maka dimulailah dengan pembagian kelompok. . Saya kebetulan ada di Kelompok 1 bersama dengan 5 orang lainnya. Kamipun berpencar sesuai kelompok masing-masing. Kamipun menghampiri warga ataupun kerumunan warga. Kami menjelaskan tentang Pilkada DKI sesuai dengan tujuan awal kita, namun diawali dengan berbincang soal keluhan maupun aspirasi warga yang tak tersampaikan selama ini. Warga terlihat antusias menyampaikan keluh kesahnya maupun harapan-harapannya untuk gubernur terpilih. Sebagian besar keinginan mereka adalah adanya sekolah dan pelayanan kesehatan Gratis. Karena bagi mereka 2 hal itulah yang sangat penting untuk menjami keberlangsungan hidup. Selain itu, jelas tentang kemacetan dan kemiskinan warga ibukota menjadi topik hangat perbincangan kami dengan warga Manggarai.

Tepat pukul 12 lewat, karena sudah seluruh bagian RW 12 telah terjamah oleh kami, kamipun memutuskan untuk berhenti sosialisasi dan kumpul kembali di Kantor RW sembari melakukan Shalat Dhuhur dan dilanjutkan dengan briefing akhir plus pamitan.

Intinya, acara sosialisasi ini mungkin tidak mencakup wilayah yang luas, hanya sebagian kecil dari wilayah DKI Jakarta. Namun, paling tidak, ini menunjukkan bahwa mahasiswa tidak hanya mampu melakukan diskusi publik, seminar, dan lain-lain, tapi juga turun langsung melakukan kegiatan kongkrit di lapangan. Semoga sosialisasi ini bermanfaat untuk Jakarta yang lebih baik. Karena Jakarta butuh pemimpin yang solutif dan merakyat.  #UIuntukJakarta.

Salam Mahasiswa !

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar