Jumat, 06 Juli 2012

Do'a Kita Tidak Diterima? Tanya Kenapa?

Suatu hari, seorang Ulama besar di Kota Bashrah, bernama Ibrahim bin Adam berjalan di sekitar pasar kota tempat tinggalnya. Setelah lama mengelilingi pasar tersebut, sampailah beliau pada suatu kerumunan dimana kerumunan itu terdapat banyak sekali penduduk yang sedih, gelisah dan wajahnya penuh dengan tanda tanya. 

Seketika itu, Ibrahim bin Adam pun mendekati kerumunan itu dan angkat bicara. "Ada apa gerangan kalian terlihat sedih dan gelisah?."kata Ibrahim bin Adam. "Yaa Abu Ishak (panggilan penduduk terhadap Ibrahim bin Adam), saat ini kami tengah dilanda kesusahan, kelaparan dan banyak masalah lainnya. Kenapa ketika kami berdo'a kepada Allah Swt, do'a kami tidak dikabulkan? Padahal Allah Swt, berfirman di dalam Al-Qur'an Surah Al-Mu'min ayat 60 yang artinya : Berdoalah kepada-Ku, maka niscaya akan Aku perkenankan (kabulkan). Bagaimana itu bisa terjadi Yaa Abu Ishak?"timpal salah seorang penduduk.



Mendengar pertanyaan itu, Ibrahim bin Adam kemudian menjelaskan kepada penduduk tentang apa yang menyebabkan do'a tidak dikabulkan oleh Allah Swt. Menurut Ibrahim bin Adam, do'a tidak dikabulkan dikarenakan hati manusia sudah "mati". Mati dalam artian sudah tidak ada lagi keterikatan dan hubungan yang kuat antara hati manusia dengan Allah Swt, Sang Pencipta. Apa sesungguhnya yang menyebabkan hati manusia mati dan kemudian do'apun tidak dikabulkan? Menurut Ibrahim bin Adam, ada 5 perkara yang menyebabkan hal tersebut :

1. Kita mengakui keesaan Allah, namun kita tidak memenuhi hak-hak Allah untuk disembah.
2. Kita rajin membaca Al-Quran, namun sifat dan prilaku kita belum mencerminkan apa yang ada dalam Al-
    Quran. 
3. Kita cinta kepada Nabi Muhammad Saw, namun kita meninggalakan pola prilaku & sunnah-sunnah Beliau
4. Kita selalu menyatakan bahwa kita ingin masuk surga, namun prilaku dan keseharian kita justru 
    bertentangan dengan keinginan itu. 
5. Kita selalu menyatakan bahwa kita ingin terhindar dari api neraka, namun kita sendiri mencampakkan diri 
    kita sendiri kedalamnya.

5 Hal inilah yang menurut Ibrahim bin Adam adalah penyebab utama mengapa hati kita dikunci oleh Allah Swt, dan kemudian mengakibatkan do'a kita tidak diterima oleh Allah Swt. Semoga bermanfaat :)

sumber: Khutbah Jumat di salah satu Masjid (6 Juli 2012)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar