Minggu, 27 Mei 2012

Pengalaman 1998

Tau kan ada peristiwa besar apa di tahun 1998? Pasti taulah, masa sih gaktau! Itu loh, peristiwa  Reformasi dan runtuhnya rezim Soeharto dari tampuk Presiden . Kalo inget reformasi 1998, gue teringat pas jaman gue masih kecil di Makassar. Waktu itu gue lari ke pinggir jalan dengan lincahnya ngelihat arak-arakan mahasiswa demonstrasi. Emang sih waktu itu gue belom tau apa-apa, tapi yang jelas seinget gue waktu itu gue ngelihat mahasiswa naik di ambulans trus majangin foto yang kalau gak salah itu fotonya Soeharto didepan ambulans itu. Hanya sebatas itu yang gue liat ketika itu.

Barulah setelah beranjak dewasa, gue baru sadar kalo ternyata maksudnya waktu itu adalah mahasiswa pengen Soeharto turun,  dengan seakan-akan pengen ngasi tau ke masyarakat yang menyaksikan demo itu : "nih Soeharto udah di ambulans, udah mati. Udah turun juga dari Presiden. Saatnya REFORMASI". Gitu.!!!

Emang sih, gak lama setelah demo itu, Soeharto pun menyatakan berhenti dari kursi Presiden. HAHAHAHA  Soeharto pinter banget ya, beliau make diksinya itu : menyatakan berhenti. bukan mengundurkan diri, atau kata-kata lain. Soeharto mungkin pengen mencatatkan diri dalam sejarah sebagai Presiden yang atas dasar pribadi berhenti jadi Presiden, padahal fakta membuktikan bahwa Soeharto lengser itu karena adanya gerakan massa yang begitu besar pada waktu itu. 

Nah sekarang, gue lagi dalam proses baca bukunya seorang dosen FISIP UI, Judulnya : Bagaimana Soeharto Mempertahankan Kekuasaannya Selama 32 Tahun.. Abis tuh buku tamat gue baca, Insya Allah gue bakalan berbagi cerita deh lewat blog ini juga gimana sih sebenernya caranya Soeharto memimpin selama itu dan juga kisah dibalik runtuhnya rezim Orde Baru.. Wait yaa :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar